Coba perhatikan kartu debit anda ? apakah sudah terdapat keterangan GPN atau belum ? Sebenarnya apa si itu GPN ? GPN ( Gerbang Pembayaran Nasional ) adalah sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung. Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank. Sebelum adanya GPN ini pemrosesan transaksi non tunai dengan kartu debit di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, dilakukan secara internasional. Ini dikarenakan selama ini masih menggunakan jasa dari sistem transaksi atau pembayaran milik asing seperti Visa, MasterCard, JCB, UnionPay, dan lainnya.

Sekarang Indonesia telah memiliki national payment gateway sendiri atau biasa disebut GPN (Gerbang Pembayaran Nasional ) artinya, semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu debit sudah terintegrasi dengan pengunaan jasa dalam negeri sendiri. Selama ini, transaksi menggunakan kartu debit yang dilakukan di mesin EDC (Electronic Data Capture) dari bank lain, akan dikenakan sekitar 2-3% dari transaksi. Ini disebabkan, karena kartu-kartu debit yang ada masih menggunakan jasa pemrosesan transaksi nontunai secara internasional seperti Visa, MasterCard, dan lainnya.

Maka, tak heran bila hampir semua kartu debit yang dikeluarkan bank selama ini terdapat logo Visa atau MasterCard, serta lainnya itu. Dan tentu, ada biaya yang harus dibayarkan.Nah, dengan adanya GPN ini, artinya proses transaksi non tunai itu dari dalam negeri, tak lagi menggunakan jasa internasional. Maka otomatis juga akan mengurangi biaya transaksi yang disebut MDR (Merchat Discount Rate) bila menggunakan mesin EDC dari bank yang berbeda. Berikut ini 5 manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit GPN:

  1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.
  3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).
  5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. Berikut perbandingan skema harga sebelum dan sesudah implementasi GPN.

Semua bank telah diwajibkan untuk mengeluarkan kartu yang berlogo burung garuda atau lambang resmi GPN. Sehingga bisa mensukseskan tujuan pembuatan GPN itu sendiri, yaitu mengurangi transaksi dengan uang kertas atau memperluas sistem cashless, dan mengembangkan sistem perdagangan berbasis elektronik. Semua pembayaran baik debit atau kredit lebih murah dengan adanya GPN ini. Jika anda mempunyai kredit seperti kredit mobil, kredit kpr dan lain sebagainya manfaatkan fitur GPN pada kartu debit anda agar semua pembayaran lebih murah.

Baca Lainnya: Skor Kredit Menjadi Faktor Penentu Kredit Anda Diterima

Selain itu saat ini anda akan semakin di mudahkan dalam pembayaran digital anda dengan Raksasa. Raksasa sebagai salah satu fintech siap meramaikan sistem pembayaran kredit di Indonesia. Adanya Raksasa diharapkan dapat membatu para nasabah dalam pembayaran kredit setiap bulannya. Selain itu dengan melakukan transaksi di Raksasa setiap transaksi pembayaran yang anda lakukan, anda akan mendapatkan Raksasa score yang berguna sebagai nilai skor kredit ( Credit score ) Skor kredit merupakan sistem penilaian yang diterapkan perbankan untuk melihat kelayakan atau kemampuan yang menambah nilai kredibilitas digital Anda sebagai calon debitur terhadap pinjaman yang diajukan. Bisa juga untuk mengakses berbagai fasilitas pinjaman lain.