Sebenarnya se-menyenangkan apa gaya hidup para milenial ? Berkembangnya dunia informasi masuknya beberapa tren dunia yang membuat para milenial hidup dengan keuangan yang bisa dibilang ” BOROS ” kenapa demikian ? Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti mereka doyan sekali makan ” kulineran “, ngopi di coffee shop branded, dan sering gonta ganti gadget. Selain itu ada yang bilang para milenial doyan belanja barang branded biar ” dilihat ” dan tidak ketinggalan mix n match outfit biar keren pas #ootd.

Terlihat menyenangkan dan enak ya hidup para milenial tapi terkadang mereka lupa mengatur keuangan sehingga sering kecolongan seperti peribahasa “Besar Pasak dari pada Tiang” alias bocor ambyar bukan bocor halus keuangannya. Jika kalian tau cara mengatur keuangan sebenarnya cukup mudah asal tau manajemen ya seperti :

Buat Catatan Cashflow
Alokasi Uang
Sedikit Cicilan
Menabung dengan Tujuan
Action

Catatan cashflow bisa dimulai dari pencatatan penghasilan dan pengeluaran. Dari sana, kamu bisa mendeteksi penggunaan uang kamu kemana saja. Setiap gajian tiba hal pertama yang harus dilakukan adalah menyisihkan minimal 10% untuk di tabung. Setelah itu, bebas deh mau dipakai untuk bayar zakat, cicilan, atau pengeluaran rutin bulanan bahkan lifestyle expense. Jika dilihat secara garis besar, para milenial banyak yang terjebak dalam cicilan lho! Sebenarnya si enggak masalah punya utang asal mampu bayar dan utangnya produktif seperti menyicil kpr atau apartemen.

Dalam urusan menabung, dari kecil para orang tua selalu mengajarkan anak-anak terbiasa menabung. Tapi nyatanya ada yang kurang! Kita tidak diajarkan menabung dengan tujuan makanya tabungan tidak pernah tercapai jumlahnya karena sering di sabotase. Setiap kali tertarik untuk membeli sesuatu, selalu tanyakan pada diri sendiri, butuh atau pengin? Kalau butuh, berarti kalau tanpa barang tersebut, maka hidup keseharian Anda terganggu. Kalau pengin, saat barang tersebut tidak ada, maka sebenarnya Anda tidak terganggu atau mungkin masih bisa menggunakan barang pengganti lain yang harganya lebih terjangkau atau bahkan sudah Anda punya.

Baca Lainnya: Tips Jitu Dari BCA Agar Tidak Terjerat Utang Kartu Kredit

Yang harus Anda benahi adalah cara Anda mengatur gaji sehingga bisa dipakai hingga akhir bulan. Pada dasarnya, mau gaji berapa pun itu tetap bisa kok dipakai untuk mencukupi kebutuhan dalam satu bulan. Bahkan, bisa juga disisihkan untuk menabung dan investasi. Yuk kita disiplin dalam mengatur keuangan agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari. Selamat Mencoba Yah !!!