Membeli mobil impian tentu tidak perlu lagi bermimpi lama – lama. Mobil juga bukan lagi barang mewah, karena sebenarnya dengan penghasilan standar atau berkisar Rp5 juta kamu masih bisa mendapatkannya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan mobil incaran. Bila dana yang jadi masalah selama ini, kamu bisa punya solusi dengan bekerja sama dengan mengajukan kredit mobil lewat pembiayaan kendaraan.

Jika kamu ingin membeli mobil secara kredit, maka sudah ada fasilitas langsung berupa asuransi kendaraan bermotor. Biaya asuransi ini akan digabung bersama dengan cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan. Supaya cicilan bisa lebih ringan, maka kamu bisa memilih asuransi jenis Total Loss Only (TLO) atau kombinasikan antara TLO dan komprehensif. Kamu bisa lebih mudah mengajukan kredit mobil lewat pembiayaan kendaraan dan melakukan pembayaran kredit mobil melalui beberapa aplikasi Fintech seperti Raksasa.

Berikut adalah tips bagaimana cara menghemat angsuran bulanan kredit mobil yang dapat diterapakan:

Cari Berbagai Perbandingan Harga Mobil
Sebagai pembeli tentu saja kamu ingin mendapatkan penawaran harga yang terbaik. Maka sebaiknya cari tahu lebih teliti mengenai harga mobil di pasaran, dan tanyakan berbagai potongan harga, promo, atau penawaran yang bisa kamu dapatkan bila membeli mobil tersebut. Lakukan perbandingan dan kamu tak perlu terburu-buru. Satu hal yang pasti tentu saja cari yang paling menguntungkan untukmu.

Memperbesar Jumlah Uang Muka
Bila ingin membeli sebuah mobil secara kredit melalui bantuan pembiayaan kendaraan, pastikan kamu memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka. Jumlah ini nantinya akan berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Meskipun ketentuan biasanya sebesar 25-30 persen, tidak ada salahnya bila kamu membayarkan uang muka lebih besar dari ketentuan tersebut.

Manfaatnya, kamu akan mendapatkan nilai utang kredit yang semakin kecil. Utang kredit yang kecil ini tentunya akan berhubungan juga dengan jumlah cicilan bulanan yang kecil juga. Termasuk bunga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Cari Alternatif Suku Bunga Rendah
Biasanya, lembaga pembiayaan seperti leasing atau bank telah menetapkan tarif bunga kredit mobil yang harus dibayarkan. Bunga tersebut biasanya ditentukan dari tenor atau jangka waktu kredit mobil yang kamu ajukan. Jadi, apabila kamu mengambil masa tenor pinjaman panjang, maka tarif bunganya pun semakin tinggi. Jadi, akan sangat penting bagi kamu untuk mencari-cari alternatif suku bunga yang rendah.

Baca Lainnya: Pameran Mobil Terbesar GIIAS 2019

Memilih Masa Tenor yang Panjang
Kalau kamu memilih jangka waktu yang lebih lama, maka kamu dapat menikmati alternatif cicilan lebih ringan. Hitungannya, bila kamu memilih tenor lebih panjang pembayaran pokok kredit mobil dapat dibagikan ke angsuran yang lebih lama juga. Jangka waktu yang panjang ini berguna untuk membantu kamu dalam mencicil karena lebih menawarkan uang muka dan cicilan yang ringan.