Semakin hari, modus penipuan terhadap nasabah perbankan semakin beragam. Berbagai modus-modus penipuan ini bisa dilakukan tanpa perlu bertemu langsung atau tanpa perlu mengambil kartu yang kamu miliki. Oleh karena itu, penting untuk tidak memberikan data-data berikut ini kepada siapa pun, bahkan petugas bank sekalipun!

Penipuan perbankan adalah penggunaan cara-cara yang berpotensi ilegal untuk mendapatkan uang, aset, atau properti lainnya yang dimiliki atau dimiliki oleh lembaga keuangan, atau untuk mendapatkan uang dari customer dengan curang menyamar sebagai bank atau lembaga keuangan lainnya.

Dalam banyak kasus, penipuan perbankan adalah tindak pidana. Sementara undang-undang penipuan perbankan tertentu bervariasi tergantung pada yurisdiksi, istilah penipuan bank berlaku untuk tindakan yang menggunakan skema atau kecerdasan, yang bertentangan dengan perampokan atau pencurian bank. Karena alasan ini, penipuan bank terkadang dianggap sebagai kejahatan kerah putih.

Berbagai informasi terbaru yang didapatkan membantu kamu untuk mengetahui perkembangan dan berbagai modus kejahatan yang kerap menimpa nasabah pemegang kartu kredit dan kartu debit. Sebab biasanya bank akan menyajikan berbagai hal tersebut sebagai bentuk peringatan kepada nasabah nya. Untuk menghindari penipuan dengan transaksi fiktif, simak 3 hal penting yang wajib kamu rahasiakan :

PIN (Personal Identification Number)
PIN merupakan angka sandi rahasia untuk masuk ke rekening kamu. Jangan sampai info seperti nomor PIN kamu tulis atau foto lalu diletakkan di tempat-tempat umum. Ingatlah bahwa pihak BANK BCA sekalipun tak akan meminta untuk memberitahu PIN yang kamu miliki dengan alasan apa pun.

CVV (Card Verification Code) atau CVC (card Verification Code)
CVV atau CVC adalah 3 digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit. Biasanya terdapat di tempat tanda tangan di belakang kartu kredit. Hanya si pemilik kartu lah yang berhak mengetahui nomor CVV atau CVC. Perlu diingat, nomor CVV atau CVC, seperti halnya juga nomor OTP dan PIN sifatnya sangat rahasia, kamu bahkan tidak boleh memberitahukan kepada pihak BANK BCA dan BANK BCA tidak akan pernah meminta nomor CVV atau CVC.

OTP (One Time Password)
OTP adalah password dinamis (bisa berubah-ubah) yang dikirimkan oleh pihak bank atau situs jual beli online melalui SMS/email. OTP ini diberikan untuk meminta persetujuan akses ke rekening kamu, seperti mendebet rekening atau memotong pulsa. OTP bisa juga dibilang sebagai kode otorisasi terhadap sebuah transaksi, jadi jika ada orang tak dikenal yang meminta kamu menyebutkan nomor OTP dengan modus ingin transfer hadiah undian, segera tolak!

Baca Lainnya: Manfaat Skor Kredit Bagi Anda Yang Ingin Mengajukan Pinjaman

Itulah beberapa cara untuk dapat mengenali valid atau tidaknya setiap transaksi yang kamu lakukan secara online. Hati-hati, itulah sikap yang seharusnya selalu kamu lakukan setiap saat sebagai pengguna kartu kredit dan kartu debit. Tentu bukan hal yang menyenangkan jika sewaktu-waktu kamu atau seseorang di sekitar menjadi korban tindak kejahatan perbankan. Sebab kejadian seperti itu bisa saja berdampak buruk terhadap seluruh saldo tabungan atau limit kartu kredit kamu.