Bagi anda yang dalam waktu dekat ini ingin membeli kendaraan bermotor khususnya mobil, jangan terburu – buru dalam membelinya, kenali dahulu kebutuhan dengan budget anda agar nantinya anda tidak membeli mobil secara cuma – cuma dan menyesal kemudian hari. Mobil adalah jenis kendaraan roda empat yang berfungsi sebagai alat transportasi. Di Indonesia sendiri, keberadaan mobil sangat banyak dan kebanyakan dimiliki oleh masyarakat Indonesia kelas menengah ke atas.

Banyaknya mobil di Indonesia dikarenakan iklim di Indonesia yakni musim hujan dan musim kemarau sehingga masyarakat Indonesia membutuhkan alat transportasi yang nyaman digunakan baik saat musim hujan maupun musim kemarau. Mobil sendiri terdiri berbagai macam jenis dan model yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Ada mobil keluarga yang didesain dengan space yang besar dan nyaman dan mobil keluarga kecil yang hanya berkapasitas 4-6 orang. Tak hanya itu, mobil juga terdiri dari mobil manual dan matic yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang selalu melewati kemacetan, ada baiknya memilih mobil matic agar tidak capek saat mengendarai mobil di kala macet.
Berikut ini beberapa tipe mobil yang laris manis di pasar otomotif Indonesia 2019:

Tipe Mobil Minivan (MPV)
Tipe mobil lainnya yang beredar di pasaran saat ini adalah minivan atau yang dikenal dengan nama MPV (Multi Purposes Vehicle). Mobil MPV terbagi ke dalam empat kategori, yaitu tipe LOW MPV, Medium MPV, Luxury MPV, serta High MPV. Tipe mobil MPV memang didesain dengan sangat nyaman serta memiliki sistem handling yang sama dengan mobil sedan. Didesain dengan interior maksimum sehingga membuat pengguna nyaman selama berkendara. Konsep mobil MVP memang didesain untuk keluarga karena dapat menampung penumpang lebih banyak. Berikut ini beberapa contoh mobil dengan konsep MPV.

Mobil SUV
SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan jenis mobil yang memadupadankan antara mobil sedan dengan mobil jeep. Mobil SUV terbagi menjadi beberapa kategori, antara lain adalah Low SUV, Medium SUV, High SUV, serta Double Cabin. Prioritas utama dari desain mobil SUV ini adalah dapat digunakan di berbagai medan, bahkan hingga medan yang sulit sekalipun. Desain dari mobil SUV memang ditujukan untuk dapat mengangkut banyak penumpang di dalamnya. Tipe mobil SUV menggunakan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive yang kemudian berkembang menjadi seven seater. Namun ada beberapa mobil SUV yang menggunakan penggerak dua roda untuk membuatnya lebih nyaman digunakan. Berikut ini beberapa contoh dari mobil SUV.

Tipe Mobil Sedan
Tipe mobil lainnya adalah tipe mobil sedan. Mobil sedan ini didesain dengan bodi mobil yang cukup pendek dan memanjang. Sudah cukup lama sedan menjadi favorit mobil banyak orang karena desain nya yang mewah dan anggun. Namun kelemahan dari tipe mobil ini adalah bodi nya yang sulit menerjang jalanan yang banjir, hal ini dikarenakan bodi mobil nya yang ceper.

Tipe Mobil Double Cabin
Kendaraan ini memang kurang populer di Indonesia karena bentuknya memang terlalu besar untuk jalanan di Indonesia. Tetapi, mobil ini akan sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh atau ke daerah yang jalannya masih belum menggunakan aspal. Masalah lainnya dari mobil ini adalah adanya penggunaan ijin KIR dan pajak yang disetarakan dengan kendaraan jenis bus ukuran kecil. Adanya regulasi ini berakibat kepada meningkatnya pajak serta biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna, padahal kendaraan jenis ini sangat cocok untuk wilayah di luar Jawa.

Maka tidak heran jika anda hendak melakukan pembelian mobil pihak leasing atau peminjaman pembelian secara kredit, para penjamin akan menanyakan apakah anda pengguna kartu kredit atau bukan.Kartu kredit sendiri idealnya adalah pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran.Jadi, jika anda tidak pernah menggunakan kartu kredit anda, maka tidak akan ada data yang direkam di bank. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, terutama barang yang harganya mahal, misalnya pembayaran tiket pesawat dan hotel, atau membeli barang elektronik.Setelah itu gunakan kartu kredit untuk pembayaran yang lebih kecil seperti makan di restoran. Hal tersebut bisa meningkatkan reputasi kredit anda secara perlahan.

Riwayat anda selaku nasabah (peminjam) akan tercatat di lembaga penjamin biaya yang anda gunakan jasanya.Lembaga ini kemudian akan rutin memberikan laporan kepada Bank Indonesia selaku bank sentral di negara kita.Biasanya laporan tersebut untuk para nasabah yang bermasalah seperti penunggakan pembayaran.Data diri dan kasus nasabah terhadap lembaga penjamin akan dikumpulkan dan diarsip di dalam database Bank Indonesia. Lakukan pembayaran kredit mobil anda dengan menggunakan aplikasi Raksasa yang memberikan kemudahan pembayaran dan dapat meningkatkan skor kredit berupa Raksasa score dan juga setiap anda melakukan pembayaran kredit nilai skor kredit kredibilitas digital anda tetap terjaga.

Baca Lainnya: Beli Mobil Baru Untuk Mudik, Wajib Perhatikan 5 Hal Ini

Dari sinilah scoring (penilaian) akan dimulai dan diketahui hasilnya.Setiap data diri anda sebagai nasabah kredit akan memiliki nilai sebagai bahan acuan pihak penjamin dalam memberikan bantuan lagi di lain waktu. Fungsi credit score di sini tentu sangat jelas. Bagi para pemberi pinjaman akan sangat membantu proses survey dan besaran pinjaman yang akan disetujui.