Melakukan perjalanan pada malam hari mungkin menjadi favorit banyak orang, selain cuaca yang tidak panas, berkendara di malam hari juga dapat menghindari kemacetan yang cukup panjang yang sering terjadi pada siang hari terlebih pada saat musim mudik. Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai dari lebih nyaman serta kondisi jalan yang relatif lebih lancar, serta suhu udara yang jauh lebih sejuk jika dibandingkan dengan kondisi ketika siang hari.Meski begitu, mengemudi mobil saat malam hari ternyata membutuhkan teknik serta fokus yang tepat agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Konsentrasi dan Tetap Fokus Pada Rambu Lalulintas
Hal ini dikatakan langsung oleh Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana yang menyatakan jika mengemudi di malam hari terdapat beberapa kekurangan, seperti daya visual yang terbatas. Karena itu menurutnya, pengemudi harus mengetahui cara berkendara yang aman terlebih dahulu sebelum mengemudi di malam hari. Pengemudi mobil di Indonesia pun juga harus bisa membuat garis imajinasi marka jalan. Sebab, tidak seluruh jalan yang ada di Indonesia mempunyai garis pembatas yang berada di bagian tengah.

Jika mata manusia sangatlah sensitif terhadap cahaya yang datang, termasuk juga ketika berkendara di malam hari dan melihat cahaya lampu yang berasal dari arah berlawanan. Karena itu, biasakan mata melihat ke marka jalan untuk mengurangi silau yang berasal dari lampu mobil lainnya. Pengemudi mobil di Indonesia pun juga harus bisa membuat garis imajinasi marka jalan. Sebab, tidak seluruh jalan yang ada di Indonesia mempunyai garis pembatas yang berada di bagian tengah.

Hati-hati Akan Risiko di Jalan
Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, sebaiknya Anda juga memikirkan mengenai berbagai risiko yang bisa saja Anda hadapi tanpa Anda perkirkan sebelumnya. Dengan kondisi jalan yang padat, atau jumlah pemudik yang cukup tinggi dapat menyebabkan risiko perjalanan menjadi lebih tinggi dibandingkan hari biasa. Karena itulah, sebaiknya Anda mempersiapkan asuransi kecelakaan diri sebelum melakukan perjalanan mudik.

Siapkan Asuransi Jiwa dan Kendaraan
Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi ini adalah meringankan beban finansial Anda jika terjadi kecelakaan, mulai dari santunan untuk keluarga yang ditinggalkan jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kemarin, hingga memberikan pertanggungan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kecacatan, baik cacat tetap ataupun cacat sepenuhnya.

Pastikan Cicilan Mobil Sudah Terbayarkan
Selain asuransi, anda juga perlu waspada kepada cicilan kredit mobil anda, jika anda telat bayar cicilan kredit anda, maka bulan depan anda akan membayar angsuran kredit mobil yang lebih besar. Bayar cicilan sekarang ga perlu pakai ribet, kini sudah ada aplikasi Raksasa lewat aplikasi Raksasa anda bisa melakukan pembayaran kredit mobil, asuransi, listrik, telepon, air bahkan bpjs sekalipun. Kenapa di Raksasa ? Raksasa sebagai pemain baru di dunia Fintech selain memberi kemudahan kepada masyarakat dalam segi pembelian, pembayaran, pengajuan kartu kredit tetapi juga memberikan skor kredit ( score credit ) disetiap transaksi keuangan dan nilai kredibilitas kredit anda juga akan tercacat di setiap transaksi yang anda lakukan.

Anda dapat melihat gambaran tentang bagaimana pemberi pinjaman dapat melihat profil data diri Anda ( versi yang Anda lihat ketika Anda mengajukan kredit). Raksasa membantu pemberi pinjaman membuat keputusan risiko kredit yang akurat, andal, dan cepat kepada para konsumen. Risiko kredit memberi peringkat kepada konsumen berdasarkan seberapa besar kemungkinan mereka membayar kewajiban kredit mereka sebagaimana disepakati.

Baca Lainnya: 5 Fitur Tersembunyi Pada Mobil Yang Jarang Diketahui Pengemudi

Beberapa hal yang bisa terjadi selama perjalanan, antara lain keterlambatan penerbangan, bagasi yang hilang, terlambat atau mengalami kerusakan, biaya pengurusan dokumen yang hilang, layanan darurat jika terjadi kecelakaan, evakuasi medis, serta pemulangan jenazah jika terjadi kecelakaan fatal yang menimpa Anda selama melakukan perjalanan mudik. kejadian tersebut tentunya tidak dapat Anda prediksi sebelumnya, sehingga dengan adanya asuransi perjalanan membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman.