Jadwal aktivitas yang semakin padat dan kondisi yang memaksa untuk berada di beberapa tempat dalam selisih waktu yang cukup singkat, terkadang membuat ketergantungan akan fasilitas kendaraan umum menjadi sebuah hambatan untuk dapat bergerak cepat. Situasi seperti inilah yang memaksa seseorang untuk memiliki sebuah mobil. Karena tidak semua orang memiliki dana cukup untuk membeli mobil secara tunai, kepemilikan mobil secara kredit menjadi solusi yang tepat. Kredit mobil bekas murah dan mudah bisa diperoleh dari showroom dan bisa juga dari pemiliknya langsung.

Mobil bekas adalah sebuah alternatif bagi yang memiliki budget terbatas, karena aspek yang terpenting dari kredit mobil adalah kesanggupan membayar tiap bulan. Memilih leasing yang menawarkan kredit mobil bekas DP ringan itu sangat membantu keuangan Anda karena dalam proses kredit juga terdapat biaya administrasi dan asuransi yang pastinya akan menambah budget diluar DP.

Contoh simulasi kredit mobil bekas
Tuan Andi mengajukan kredit mobil bekas murah yakni kredit Avanza dengan harga jual Rp. 100.000.000,-. Tuan Andi memiliki DP sebesar Rp. 30.000.000,-, bunga 7% dengan jangka waktu 48 bulan. Berikut simulasi perhitungannya:

Harga OTR Rp 100.000.000 Rupiah
Uang Muka (stAndar : 30 %) Rp 30.000.000 Rupiah
Jangka waktu (bulan) 48 Bulan
Suku Bunga Pertahun 7,0% Pertahun
Suku Bunga Flat (Perbulan) 0,583% Per Bulan

Hasilnya
Sisa Cicilan Rp 70.000.000
Cicilan Tiap Bulan Rp 1.866.667

Rekomendasi Kredit Mobil
Dalam proses kredit mobil ada beberapa hal yang perlu diketahui yakni :

  1. Tentukan model dan fiturnya
    Hal mendasar yang harus diketahui adalah menentukan model mobil yang diinginkan dan fitur kelengkapannya juga penting untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang ditawarkan.
  2. Siapkan dana minimum 30 persen dari harga mobil dan Sesuaikan dengan penghasilan.
    Hal selanjutnya pilih mobil dengan harga sesuai dengan dana yang dimiliki, setidaknya memiliki dana 30 persen dari harga mobil. Jangan lupa juga perhitungkan kewajiban perbulannya, apakah penghasilan yang diperoleh masih tersisa 60 persen setelah dikurangi cicilan.
  3. Pilih lembaga pembiayaan yang terpercaya
    Menentukan lembaga pembiayaan juga penting dari sisi kenyamanan dan kepastian, lembaga pembiayaan harus terpercaya. Jangan asal percaya dengan iming – iming bunga nol persen, karena bisa jadi ketika di dealer menjadi berbeda.
  4. Siapkan persyaratan kredit mobil

Persyaratan umum kredit mobil yang biasa dimintakan yakni :
Foto copy KTP suami istri (bagi yang sudah berkeluarga)
Foto copy kartu keluarga
Foto copy PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
Foto copy slip gaji
Foto copy rekening tabungan selama 3 bulan terakhir

5.Lakukan pengujian kendaraan
Untuk lebih meyakinkan keputusan Anda ketika sudah memilih mobil yang diinginkan, langkah selanjutnya uji kendaraan untuk meyakinkan dan memastikan mobil tersebut sesuai dengan keinginan.Banyak sekali jenis promosi kredit mobil yang ditawarkan di pasaran. Promosi bukan hanya ditujukan sebagai pemikat, namun juga memberikan berbagai keuntungan bagi pelanggan.

Saat ini banyak pilihan pembayaran kredit mobil Anda loh, Anda dapat melakukan pembayaran kredit mobil dan kartu kredit di aplikasi Raksasa, karena hanya di Raksasa skor kredit anda bisa diketahui setiap anda melakukan pembayaran setiap bulannya dan semakin banyak anda bertransaksi di Raksasa, nilai Raksasa score anda juga akan semakin meningkat berikut itu adalah salah satu keuntungan jika anda melakukan pembayaran kredit di Raksasa.

Baca Lainnya: 5 Tips Mengatur Keuangan Jika Perusahaan Kita Berhenti Beroperasi

Dengan mengambil kredit mobil, Anda layaknya menggunakan pengungkit. Pelaku bisnis sangat akrab dengan istilah ini. Seperti fungsi pengungkit, Anda memanfaatkan jasa orang lain untuk memperoleh apa yang Anda inginkan. Meskipun mungkin Anda mampu membayar tunai, bisa jadi pembayaran kredit jangka panjang lebih menguntungkan. Mengapa? Karena Anda tetap bisa menginvestasikan sebagian dari uang Anda untuk memperoleh keuntungan sambil mengendarai mobil baru dengan memanfaatkan sebagian lainnya untuk membayar angsuran.