Kaki-kaki mobil juga menjadi sektor penting yang tak boleh disepelekan usai menempuh perjalanan jauh mudik. Seperti diketahui, selain menjadi alas untuk pergerakan mobil, roda juga jadi tumpuan dalam menahan bobot kendaraan. Belum lagi dengan medan perjalanan yang sangat bervariasi serta ditambah waktu tempuh yang cukup lama, bisa dibilang kaki-kaki juga memiliki kerja yang cukup berat. Karena itu, untuk memastikan kenyamanan ketika mobil akan digunakan kembali, baiknya sektor ini ikut dicek kembali.

Kondisi jalan yang sering rusak, seperti tidak rata atau berlubang mengakibatkan kaki-kaki menjadi bagian yang sering bermasalah pada mobil. Sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi kaki-kaki mobil sangat menentukan kenyamanan berkendara mobil tersebut. Akibat perjalanan jauh dengan melewati ragam medan, bisa saja membuat masalah pada kaki-kaki seperti terjadi pergeseran sehingga roda tak normal seperti semula.

Kondisi ini tentu membuat mobil tak akan nyaman dikendarai, karena itu baiknya diberikan perhatian lebih sebelum mobil kembali digunakan. pemilik mobil untuk tidak segan-segan melakukan servis berkala khusus untuk kaki-kaki, terutama usai menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Bentuk perawatan nya tentu saja dengan spooring dan balancing roda.

Seperti diketahui, kedua jenis perawatan ini berguna untuk menyetel ulang atau menyelerasakan kembali keempat roda mobil pada posisi semula. Dengan demikian, keseimbangan roda bisa kembali normal seperti sedia kala. Gejala mobil yang wajib melakukan spooring sendiri biasanya bila sudah terasa adanya perubahan, contoh seperti kemudi yang menyimpang ke salah satu sisi, padahal kondisi setir diarahkan lurus ke depan. Hal ini lantaran setelan toe in-out serta chamber dan caster-nya telah bergeser atau berubah dari posisi standar.

Pergeseran komponen pada posisi roda biasanya disebabkan beberapa hal. Mulai dari mobil terlalu sering berjalan di medan bergelombang atau rusak, menghantam lobang dalam kecepatan tinggi, atau karena memang sudah faktor usia.Proses spooring biasanya akan diikuti dengan balancing. Suparna menjelaskan memang tidak ada patokan khusus kapan mobil harus di spooring dan balancing, tapi untuk menjaga kenyamanan, maksimal melakukannya satu kali dalam satu tahun. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem roda dan kaki-kaki. Salah satunya jika roda depan mengalami benturan sangat keras pada lubang yang cukup besar seketika. Ditambah lagi jika beban kendaraan yang berlebih.

Baca Lainnya: Perhatikan Untung Rugi Kredit Mobil Bekas

Oleh karena itu, bagian part yang terpasang pada kaki-kaki sudah sepantasnya mendapatkan perhatian khusus. Diantaranya adalah tie-rod, ball-joint, laher roda, shock hingga lingkar roda itu sendiri. Tapi anda juga harus terlebih dulu memahami komponen kaki-kaki, setidaknya jika ada sedikit kerusakan anda dapat mengetahui sumbernya darimana.