Jika kita memiliki peringkat kredit yang tinggi dan stabil dari waktu ke waktu. Terutama saat akan mengajukan pinjaman di masa depan. Jika Anda membutuhkan uang kapan saja, hubungi bank dan permintaan Anda dapat segera diproses dengan cepat dan mudah. Informasi tentang skor kredit ( Credit Score ) dapat diperoleh dari lembaga berwenang di bidangnya seperti Otoritas Jasa Keuangan atau (OJK), biro kredit swasta atau Bank Indonesia.

Skor kredit sangat penting karena menunjukkan kemampuan nasabah dalam membayar semua pinjamannya. Jika memiliki skor kredit yang rendah, Maka Anda akan kesulitan mendapatkan pinjaman jika nanti membutuhkan. Memperbaiki skor kredit bukanlah tugas yang gampang, terutama jika Anda berada dalam kategori blacklist. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya melakukan pembayaran hingga lunas. Lalu melaporkan tanda pelunasan kepada bank yang bersangkutan untuk mem-verifikasi kelayakan kredit Anda. Prosesnya bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Pasar AS misalnya memiliki kondisi yang serupa tentang ini. Hutang kartu kredit sangat umum, jaminan sosial mereka tidak dapat mendukung generasi kita. jadi kekhawatiran adalah apakah sebagian besar dari kita akan memiliki begitu banyak hutang kartu kredit dan tidak dapat menghidupi diri kita dengan baik. Karena hal ini dapatkan membuat skor kredit kita menjadi turun jika kita tidak mengatur pembayaran utang kartu kredit dengan disiplin waktu pembayaran yang akan meningkatkan Kredebilitas digital pembayaran kartu kredit secara digital.

Jadi… Boleh Ngutang Gak Sih, apalagi ngutang buat Kredit mobil? Jawabannya adalah: Ya tentu saja. Memiliki hutang sama sekali tidak buruk. Hanya ada satu tangkapan … Anda harus dapat membayar cicilan! Jadi bisa kah Anda membayar cicilan Anda? Sebagian besar klien ‘sehat secara finansial’ memiliki komposisi ini dengan pola pengeluaran pendapatan bulanan seperti berikut ini:

• Investasi 30%
• 30% Angsuran pinjaman
• 20% Biaya rumah tangga rutin
• 20% Biaya Gaya Hidup

Ini berarti bahwa jika Anda mendapatkan Rp 10 juta per bulan, Anda hanya dapat menghabiskan Rp 2 juta untuk cicilan pinjaman. Jadi, jika Anda mengendarai sedan buatan Jepang yang mewah, angsuran nya kemungkinan besar adalah Rp 4 juta per bulan … itu artinya Anda hanya mampu membayar jika Anda menghasilkan Rp 13 juta per bulan. Pinjaman sebaiknya di cicil sesuai dengan ketentuan dari awal. Anda perlu tahu jika skor kredit dapat digunakan untuk menentukan reputasi Anda ke dalam berbagai kategori. Seperti lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan atau macet. Sedikit terlambat membayar tagihan, Anda bisa jatuh ke dalam kategori berisiko di bulan berikutnya.

Jika kamu mengalami kasus ini, lakukan pembayaran segera, sampai tidak ada lagi keterlambatan,dengan adanya Raksasa diharapkan dapat membantu para klien dalam menaikkan jumlah skor kredit secara bertahap melalui aplikasi yang mudah digunakan dan topup pembayaran dari semua bank yang bisa dinikmati dari kota hingga desa. Skor kredit sendiri adalah sistem penilaian yang sudah digunakan sejak lama. Tidak hanya di Indonesia, tapi skor kredit juga lumrah ditemukan di negara lain. Terutama yang sudah maju. Awal mula skor kredit muncul sekitar tahun 1950-an, Bill Fair, seorang insinyur, dan Earl Isaac, seorang matematikawan, menciptakan sistem penilaian otomatis yang awalnya gagal dipergunakan.

Mereka terus menyempurnakannya. Menggunakan teknologi dan komputer untuk membea skor FICO. Yaitu angka yang menunjukkan estimasi risiko kredit yang akan Anda ambil. Mereka menjual ide penilaian kredit tersebut kepada bank hingga pengembang di Amerika Serikat dan negara lainnya. Di Indonesia, sistem penilaian juga sudah dikembangkan oleh Raksasa, yang nantinya akan memberikan anda berupa reward Raksasa skor. Awalnya oleh Bank Indonesia. Namun sekarang biro kredit swasta biasanya juga bisa menyediakan skor kredit untuk lembaga-lembaga keuangan lain yang membutuhkannya yang kini tengah dikembangkan oleh pihak Raksasa.