Sebagaimana jenis kredit lainnya, pengajuan kredit mobil melalui leasing juga akan dikenakan sejumlah ketentuan yang akan mempengaruhi segala sesuatu yang berhubungan dengan perjanjian kredit tersebut. Penting sekali bagi Anda untuk mencermati semua peraturan dan ketentuan yang terdapat di dalam perjanjian kredit, agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Selain berbagai macam ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh leasing dalam perjanjian kredit, Anda juga perlu melakukan evaluasi terhadap kemampuan bayar yang Anda miliki.

Hal ini patut menjadi sebuah perhatian khusus, karena akan sangat mempengaruhi keadaan keuangan Anda secara keseluruhan nantinya. Pastikan Anda memiliki kemampuan bayar sampai akhir masa kredit, agar tidak terjadi penunggakan atau bahkan penyitaan terhadap mobil yang sedang Anda kredit. Salah satu langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan sebuah simulasi kredit, Anda dapat menyusun nya dengan melihat simulasi kredit mobil bekas di bawah ini.

Contoh Simulasi Kredit Mobil Oleh Leasing:
Jika Anda berniat untuk mengajukan kredit sebuah mobil bekas dengan harga Rp100 juta dengan beban bunga sebesar 8% per tahun dan masa kredit selama 3 tahun, maka Anda bisa melakukan perhitungan seperti berikut ini.

-Harga mobil : Rp100 juta
-Uang muka : Rp100 juta x 25% = Rp25 juta
-Jumlah kredit ke bank : Rp100 juta – Rp25 juta = Rp75 juta
-Beban bunga selama 3 tahun : 8% x 3 (tahun) x Rp75.000.000,- = Rp18.000.000,-
-Total hutang plus bunga : Rp75 juta + Rp18 juta = Rp93 juta
-Jumlah cicilan per bulan : Rp75.000.000,- / 36 (bulan) = Rp2.083.000,-

Total cicilan pertama yang harus dibayarkan:

-Uang muka : Rp25.000.000,-
-Cicilan bulan pertama : Rp2.083.000,-
-Biaya asuransi (dengan asumsi 1,8 / tahun) : 1,8% x 3 (tahun) x Rp75 juta = Rp4.050.000,-
-Biaya administrasi = Rp850.000,-
-Maka total uang muka = Rp29.900.000,-

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat akan mengajukan leasing:

-Persyaratan yang dibutuhkan pada saat pengajuan
-Besarnya suku bunga yang dibebankan
-Jumlah uang muka yang diwajibkan
-Jumlah angsuran / cicilan yang harus dibayarkan
-Jumlah biaya asuransi yang harus dibayarkan
-Jumlah biaya administrasi yang akan dikenakan
-Jumlah angsuran pertama yang harus dibayarkan

Baca Lainnya: Simak Tips Agar Kartu Kredit Bca Kamu Di Approve

Pengajuan kredit mobil baik dari bank atau leasing sama – sama memiliki nilai atas kredit skor anda sebagai konsumen. Jika anda membayar kredit mobil secara tepat waktu maka nilai kredit skor (credit score) anda akan tinggi begitu juga dengan penilaian kredibilitas digital anda sebagai konsumen semua itu akan terrecord dengan baik. Selain itu jika anda membayar kredit mobil melalui aplikasi Raksasa anda juga berkesempatan mendapatkan Raksasa score setiap transaksi yang anda lakukan.