Lembaga kredit memberi Anda gambaran tentang bagaimana Bank dapat melihat jejak keuangan Anda dan akan melihat sejarah kredit Anda untuk melihat berapa banyak kredit yang tersedia yang Anda gunakan secara rutin. Setelah Anda mengetahui skor kredit Anda, yang terbaik adalah menganggapnya sebagai jejak keuangan Anda.

Ini adalah panduan yang digunakan oleh pemberi pinjaman dan bank untuk menentukan seberapa besar kemungkinan Anda membayar pinjaman dan saldo kartu kredit. Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan disetujui untuk pinjaman atau kartu kredit, karena perusahaan melihat Anda sebagai risiko yang lebih rendah.
Mengapa harus memeriksa skor kredit?

Mendapatkan skor kredit Anda seperti mengintip di belakang layar pada apa yang pemberi pinjaman tahu tentang Anda. Setiap masalah potensial dapat dilihat sebelum Anda membuat aplikasi kredit dan, dengan pengetahuan keuangan yang tepat, ditangani lebih awal. Ini termasuk memeriksa tanda-tanda aktivitas penipuan, seperti pinjaman tanpa izin dan aplikasi atas nama Anda, untuk memastikan mereka tidak merusak skor kredit Anda.

Mengajukan permohonan hipotek atau pinjaman tanpa memeriksa skor kredit Anda dapat mengakibatkan aplikasi yang gagal dan bahkan akan mengurangi nilai kredit Anda karena setiap kali aplikasi dilakukan pencarian yang keras akan muncul pada laporan kredit Anda. Jadi cobalah untuk hanya mengajukan permohonan untuk apa yang memenuhi syarat Anda. Skor kredit Anda secara langsung memengaruhi kredibilitas digital dan potensi pinjaman Anda, yang pada gilirannya memengaruhi momen-momen besar dalam kehidupan, termasuk mengajukan kredit mobil, kartu kredit, dan pinjaman.

Jika Anda menemukan masalah pada laporan kredit Anda, apa yang harus Anda lakukan? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

Periksa Nama

Terkadang pencuri menggunakan nama yang disingkat untuk pelaporan kredit alih-alih nama yang mungkin Anda kenal. Selain itu, jika itu member sebuah produk (mis. INDOMARET ), seringkali mereka akan terdaftar di laporan kredit Anda dengan nama bank yang mengeluarkan kartu, bukan toko.

Minta Detail Transaksi

Jika Anda telah melakukan pencarian info pada nama pemakai dan masih tidak mengenali nya atau Anda tidak dapat mengenali detail lain seperti ketika pertanyaan terjadi, hubungi perusahaan untuk meminta lebih detail. Gunakan nomor kontak yang disediakan di bawah struk invoice. Jika nomor tidak terdaftar, situs web untuk sebagian besar perusahaan memiliki bagian “hubungi kami”.

Penyelidikan dapat menjadi indikator pencurian identitas. Pencurian identitas terjadi ketika seseorang mencuri identitas Anda untuk melakukan penipuan. Untuk informasi lebih lanjut tentang pencurian identitas dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil jika Anda adalah korban pencurian identitas.

Hubungi agen pelaporan kredit

Jika Anda masih yakin ada masalah, Anda dapat mengajukan perselisihan dengan agen pelaporan kredit yang menyediakan laporan tempat Anda mengidentifikasi kemungkinan masalah tersebut. Laporan kredit berisi informasi tentang riwayat pembayaran tagihan Anda, pinjaman, utang saat ini, dan informasi keuangan lainnya.

Penting untuk memastikan laporan kredit Anda akurat, karena itu dapat memengaruhi keakuratan skor kredit. Anda dapat memiliki beberapa skor kredit, dibuat oleh berbagai perusahaan atau pemberi pinjaman yang menggunakan sistem penilaian kredit mereka sendiri seperti Raksasa yang akan memberikan anda skor kredit secara real, karena laporan kredit dan nilai skor kredit ( Credit score ) membantu pemberi pinjaman memutuskan apakah akan memberikan kredit kepada Anda atau tidak atau menyetujui pinjaman, dan menentukan suku bunga apa yang akan mereka bebankan kepada Anda.