Menurut pakar keuangan yang sering kita dengar namanya yaitu Safir Senduk, beliau mengatakan yang namanya Kredit, sebaiknya digunakan untuk hal yang produktif. Kalau Kredit cuma jadi Sofa, Baju atau Liburan, itu mah percuma. Kenapa demikian? karena tidak mempunyai nilai jual kembali atau jika dijual orang akan menawar nya dengan harga yang relatif lebih murah. Membeli barang produktif seperti logam mulia dan perhiasan akan membuat anda tetap untung dalam memanfaatkan cicilan 0% dari kartu kredit anda.

Untuk itu mari kita manfaatkan kartu kredit dengan membeli barang produktif yang jika dijual tetap bernilai tinggi seperti logam mulia seperti perhiasan. Saat ini banyak sekali promo dari kartu kredit yang mengumbar cicilan 0% baik itu untuk produk fashion, elektronik hingga tiket pesawat. Ketika anda berbelanja di toko supermarket besar banyak di pasang standing banner promo program tersebut yang berukuran cukup besar.

Pengertian Cicilan 0%

Cicilan 0% adalah sebuah skema cicilan yang memperbolehkan anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian. Nah, cicilan 0% memungkinkan angsuran tersebut di cicil tanpa adanya bunga atau yang disebut bunga 0%. Jadi selama periode cicilan, anda tidak akan ditagih bunga sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut.

Manfaat Cicilan 0%

Manfaat dari cicilan 0% bisa dibagi menjadi dua. Manfaat itu adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. Manfaat lainnya adalah anda dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode waktu yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga dirasa lebih ringan dan konsumen merasa diuntungkan. Karena pembayaran kartu kredit yang lancar akan meningkatkan kredibilitas digital pembayaran anda oleh pihak bank dan membuat skore kredit ( credit score ) anda tetap pada penilaian 1 yaitu lancar.

Manfaat tidak langsung nya adalah konsumen bisa menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanjaan suatu barang pada sebuah investasi. Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi seperti membeli emas, atau barang-barang investasi lainnya. Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan program cicilan 0%, memang memudahkan anda untuk mendapatkan barang yang anda inginkan.

Namun program cicilan 0% ini ibarat pedang bermata dua, khususnya yang tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja, anda harus tetap cermat dalam berbelanja. Jangan sampai terbawa suasana dan menuruti hawa nafsu, sehingga membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Mau irit malah harus menanggung beban cicilan banyak hal sekaligus setiap bulan. Namun jika anda memanfaatkan pembayaran kartu kredit dengan aplikasi Raksasa anda akan melihat raksasa score anda setiap bulannya dengan akumulasi pembayaran yang anda lakukan jadi anda bisa melihat apakah kredit anda tetap sehat atau tidak, jadi jika anda ingin kredit mobil atau KPR anda tidak takut akan ditolak pihak bank karena reputasi kredit anda yang baik.

Baca Lainnya: Berkenalan dengan 5C Kredit Yang Belum Anda Ketahui

Pahami dan teliti kembali syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh bank penerbit kartu kredit dan pihak penjual. Terakhir jangan sampai lupa membayar tagihan tepat waktu setiap bulan, jangan sampai niat awal ingin hemat dengan cicilan 0%, justru pembengkakan tagihan kartu kredit yang didapat. Yang terpenting dalam hal ini, jagalah reputasi skor kredit anda agar jauh lebih baik sehingga anda bisa menikmati cicilan kredit yang mudah praktis dan cepat tanpa melalui proses yang sulit.