Memiliki kendaraan pribadi tentu dambaan setiap orang, namun memiliki kendaraan pribadi tetapi tidak memiliki asuransi kendaraan apalagi hidup di Ibu Kota dengan resiko kecelakaan yang cukup besar maka asuransi kendaraan menjadi sebuah hal yang cukup penting, selain itu memiliki asuransi kendaraan juga akan membuat pemilik kendaraan menjadi tenang.

Selama kita masih memiliki cicilan bulanan kendaraan asuransi menjadi sangat penting, karena resiko dari kita membeli kendaraan dengan cara di cicil menjadi lebih besar. Ketika kita berbicara asuransi kita harus menarik ke belakang tentang kredit cicilan kendaraan kita. Risiko akan selalu hadir di segala bidang kehidupan. Asuransi hadir untuk mengurangi dampak finansial dari risiko yang dapat terjadi tiap saat.

Semua jenis kredit mobil dapat dengan cepat menaikkan nilai skor kredit ( Credit score ) anda sebagai nasabah dan kredibitlitas digital anda telah terekam saat anda melakukan pembayaran kredit anda yang tercatat. Anda dapat melakukan pembayaran kredit mobil dan kartu kredit di aplikasi Raksasa, karena hanya di Raksasa skor kredit anda bisa diketahui setiap anda melakukan pembayaran setiap bulannya dan semakin banyak anda bertransaksi di Raksasa, nilai Raksasa score anda juga akan semakin meningkat berikut itu adalah salah satu keuntungan jika anda melakukan pembayaran kredit di Raksasa.


Asuransi merupakan perjanjian resmi yang menggaransi bahwa pihak perusahaan Asuransi akan menjaga Anda dari risiko dan Anda tidak akan menanggung kerugian yang dapat terjadi sendirian.

Penghitungan Premi Asuransi
Ada biaya yang wajib dibayar bila ingin mengalihkan risiko kerugian atas kendaraan ke pihak asuransi. Biaya itu dikenal dengan istilah premi asuransi. Masing-masing perusahaan asuransi punya aturan main sendiri dalam menetapkan besaran premi.Meski begitu, pemilik kendaraan pastinya mengidamkan premi yang murah tapi di saat bersamaan proteksinya komplet. Yang pasti, jangan langsung tergiur dengan premi murah tapi mengabaikan kualitas layanan.Kemudian, apa saja yang jadi dasar perusahaan asuransi menetapkan besaran premi, misalnya untuk kasus Adi yang punya bisnis armada angkutan ini. Pada dasarnya, premi itu dihitung dari beberapa faktor di bawah ini :

Jenis jaminan (all riks atau TLO)
Premi jaminan all risk pastinya lebih tinggi dibanding TLO. Lebih-lebih jika all risk itu ditambah dengan perluasan jaminan yang pada gilirannya akan menambah besaran premi.
Pada umumnya, setiap perusahaan asuransi menawarkan dua jenis perlindungan yang sama yakni Comprehensive (All Risk) dan Total Lost Only (TLO). Comprehensive (All Risk) adalah ganti rugi oleh perusahaan asuransi atas kerugian sebagian atau keseluruhan mobil akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Total Lost Only (TLO) adalah ganti rugi yang HANYA akan diberikan perusahaan jika mobil mengalami kerusakan total atau di atas 75%. Selain kedua jenis di atas, Anda juga perlu mengetahui adanya ‘perluasan’. Perluasan adalah penambahan cakupan perlindungan. Perluasan mencakup:

•tsunami dan gempa bumi
•banjir
•kerusuhan
•terorisme dan sabotase

Apakah perluasan perlindungan ini perlu/tidak? Tergantung. Contoh jika Anda tinggal di Jakarta, Anda WAJIB mengambil perluasan banjir dan kerusuhan karena 2 kejadian ini cukup sering terjadi disini. Jika Anda tidak mengambil perluasan dan mobil Anda ‘turun mesin’ karena kebanjiran, pihak asuransi TIDAK akan mengganti rugi. Sekarang tinggal Anda yang mentukan!

  1. Jenis kendaraan
    Jenis kendaraan menjadi faktor perhitungan premi yang nilainya dari persentase harga kendaraan baru dan harga kendaraan di pasaran jika statusnya bekas. Semakin mahal harga kendaraan maka prosentasenya semakin kecil. Meski begitu, kendaraan yang dilengkapi fitur keselamatan bisa jadi pertimbangan mendapatkan diskon premi.
  2. Usia pengemudi
    Pengendara di rentang usia di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun kemungkinan dikenai premi yang tinggi. Alasannya, statistik kecelakaan menunjukkan usia yang disebut di atas berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Maka itu, usia pengemudi yang direkrut Adi ikut pula dipertimbangkan pihak asuransi.
  3. Rekam jejak kredit
    Rekam jejak yang bagus di bank atau lembaga keuangan lain bisa jadi dasar mendapatkan keringanan premi. Begitu pun sebaliknya, jika sebelumnya punya masalah dengan riwayat kredit bisa memberatkan premi. Untungnya, Adi belum punya masalah dengan kredit di bank sehingga bisa jadi poin tambahan di mata pihak asuransi.
  4. Riwayat mengemudi
    Pihak asuransi punya mata dan telinga di kepolisian. Artinya, mereka bisa tahu riwayat mengemudi Anda. Jika sering kena tilang, pernah mengalami kecelakaan, dan lain sebagainya, maka pihak asuransi menilai Anda punya risiko tinggi yang pada gilirannya beban premi makin mahal. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian Adi dalam merekrut sopir armadanya.
  5. Lokasi
    Domisili Anda turut mempengaruhi besaran premi. Pasalnya, pihak asuransi punya catatan lokasi-lokasi yang dinilai rawan kriminalitas seperti pencurian kendaraan. Selain itu, pihak asuransi juga akan mensurvei rumah Anda apakah punya garansi atau tidak.
  6. Rata-rata jarak tempuh
    Semakin sering mobil digunakan, semakin tinggi pula risikonya. Dengan begitu, jarak tempuh kendaraan bakal menjadi faktor yang mempengaruhi besaran premi. Meski begitu, faktor ini tak berlaku untuk kendaraan baru.

Pada dasarnya, asuransi itu sama-sama menawarkan proteksi perlindungan kerugian maupun risiko terburuk di kemudian hari pada kendaraan. Meski begitu, menjatuhkan pilihan pada asuransi jenis TLO maupun All Risk sangat tergantung dari segi kebutuhan, ekonomis, dan fungsional.

Baca Lainnya: Bayar Kredit Mobil Lewat App Agar Mudik Lebih Tenang

Keputusan final dalam menentukan pilihan asuransi yang terbaik ada di tangan Anda sebagai pemilik kendaraan. Sebelum mengambil produk asuransi, ada baiknya mengukur gambaran risiko kendaraan tersebut. Misalnya, jika kendaraan digunakan sebagai mobilitas sehari-hari maka risiko mengalami musibah lebih tinggi. Selain harus membayar cicilan kredit mobil setiap bulannya namun jika kita memiliki asuransi kendaraan beban memiliki kendaraan pribadi akan lebih mudah dan jangan lupa selalu melakukan pembayaran kredit di aplikasi Raksasa.