Laporan kredit Anda berisi informasi tentang tempat tinggal Anda, cara Anda membayar tagihan, dan apakah Anda pernah dituntut atau ditangkap, atau telah mengajukan pailit. Perusahaan pelaporan kredit menjual informasi dalam laporan Anda kepada kreditor, perusahaan asuransi, perusahaan, dan bisnis lain yang menggunakannya untuk mengevaluasi aplikasi Anda untuk kredit, asuransi, pekerjaan, atau menyewa rumah.

Baik perusahaan pelaporan kredit dan penyedia informasi (yaitu orang, perusahaan, atau organisasi yang memberikan informasi tentang Anda kepada perusahaan pelaporan kredit) bertanggung jawab untuk mengoreksi informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap dalam laporan Anda. Untuk memanfaatkan semua hak Anda berdasarkan undang-undang ini, hubungi perusahaan pelaporan kredit dan penyedia informasi. Hal – hal yang perlu anda perhatikan:

Baik perusahaan pelaporan kredit dan penyedia informasi (yaitu orang, perusahaan, atau organisasi yang memberikan informasi tentang Anda kepada perusahaan pelaporan kredit) bertanggung jawab untuk mengoreksi informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap dalam laporan Anda. Untuk memanfaatkan semua hak Anda berdasarkan undang-undang ini, hubungi perusahaan pelaporan kredit dan penyedia informasi.
Hal – hal yang perlu anda perhatikan:

Langkah Pertama
Beri tahu perusahaan pelaporan kredit, secara tertulis, informasi apa yang menurut Anda tidak akurat. Gunakan surat resmi. Sertakan salinan (BUKAN dokumen asli) yang mendukung posisi Anda. Selain memberikan nama dan alamat lengkap Anda, surat Anda harus dengan jelas mengidentifikasi setiap item dalam laporan yang Anda sengketakan, nyatakan fakta dan jelaskan mengapa Anda membantah informasi tersebut, dan meminta agar informasi itu dihapus atau diperbaiki. Anda mungkin ingin melampirkan salinan laporan Anda dengan item-item yang dimaksud dilingkari. Kirim surat Anda melalui surat resmi, “tanda terima yang diminta,” sehingga Anda dapat mendokumentasikan apa yang diterima oleh perusahaan pelaporan kredit. Simpan salinan surat dan lampiran sengketa Anda.

Perusahaan pelaporan kredit harus menyelidiki barang-barang yang dipermasalahkan – biasanya dalam 30 hari – kecuali jika mereka menganggap perselisihan Anda remeh. Mereka juga harus meneruskan semua data relevan yang Anda berikan tentang ketidak akuratan kepada organisasi yang menyediakan informasi. Setelah penyedia informasi menerima pemberitahuan tentang perselisihan dari perusahaan pelaporan kredit, ia harus menyelidiki, meninjau informasi yang relevan, dan melaporkan hasilnya kembali ke perusahaan pelaporan kredit. Jika penyedia informasi menemukan informasi yang disengketakan tidak akurat, ia harus memberi tahu ketiga perusahaan pelaporan kredit nasional sehingga mereka dapat memperbaiki informasi dalam file Anda.

Ketika penyelidikan selesai, perusahaan pelaporan kredit harus memberi Anda hasil secara tertulis dan salinan gratis dari laporan Anda jika perselisihan menghasilkan perubahan. Laporan gratis ini tidak dihitung sebagai laporan gratis tahunan Anda. Jika suatu item diubah atau dihapus, perusahaan pelaporan kredit tidak dapat mengembalikan informasi yang disengketakan ke dalam file Anda kecuali penyedia informasi memverifikasi bahwa item itu akurat dan lengkap. Perusahaan pelaporan kredit juga harus mengirim Anda pemberitahuan tertulis yang mencakup nama, alamat, dan nomor telepon penyedia informasi.

Jika Anda bertanya, perusahaan pelaporan kredit harus mengirimkan pemberitahuan tentang koreksi kepada siapa saja yang menerima laporan Anda dalam enam bulan terakhir. Anda dapat memiliki salinan laporan Anda yang sudah di koreksi dikirim ke siapa saja yang menerima salinan selama dua tahun terakhir untuk keperluan pekerjaan. Jika investigasi tidak menyelesaikan perselisihan Anda dengan perusahaan pelaporan kredit, Anda dapat meminta agar pernyataan perselisihan dimasukkan dalam file Anda dan dalam laporan mendatang. Anda juga dapat meminta perusahaan pelaporan kredit untuk memberikan pernyataan kepada siapa pun yang menerima salinan laporan Anda di masa lalu. Anda dapat mengharapkan untuk membayar biaya untuk layanan ini.

Langkah Kedua
Beri tahu penyedia informasi (yaitu, orang, perusahaan, atau organisasi yang memberikan informasi tentang Anda kepada perusahaan pelaporan kredit), secara tertulis, bahwa Anda mempersengketakan suatu item dalam laporan kredit Anda. Gunakan contoh surat sengketa ini. Sertakan salinan (BUKAN dokumen asli) yang mendukung posisi Anda. Jika penyedia mencantumkan alamat pada laporan kredit Anda, kirim surat Anda ke alamat itu. Jika tidak ada alamat yang tercantum, hubungi penyedia dan minta alamat yang benar untuk mengirim surat Anda.

Jika penyedia informasi tidak memberi Anda alamat, Anda dapat mengirim surat ke alamat bisnis apa pun untuk penyedia itu. Jika penyedia terus melaporkan item pada saat anda melakukan cicilan Kredit mobil yang Anda sengketakan ke perusahaan pelaporan kredit, itu harus membuat perusahaan pelaporan kredit tahu tentang perselisihan Anda. Dan jika Anda benar – yaitu, jika informasi yang Anda sanggah ternyata tidak akurat atau tidak lengkap – penyedia informasi harus memberi tahu perusahaan pelaporan kredit untuk memperbarui atau menghapus item.

Tentang Data Kredit Anda
File kredit Anda mungkin tidak mencerminkan semua akun kredit Anda seperti skor kredit ( Credit score ) anda . Meskipun sebagian besar rekening kartu kredit bank serba guna akan dimasukkan dalam file Anda, tidak semua kreditor memberikan informasi kepada perusahaan pelaporan kredit: leasing, penyedia kredit, perjalanan, hiburan, dll. Lakukan pembayaran kredit anda tepat waktu agar nilai kredit anda tetap pada penilaian lancar. Selain itu anda dapat membayar kredit anda di Raksasa dan dapatkan Raksasa score secara gamblang karena hanya di aplikasi Raksasa anda dapat mengetahui nilai skor kredit anda.

Baca Lainnya: 3 Jenis Kredit Yang Sering Digunakan Oleh Masyarakat

Ketika informasi negatif dalam laporan Anda akurat, hanya perjalanan waktu yang dapat memastikan penghapusan nya. Perusahaan pelaporan kredit dapat melaporkan informasi negatif paling akurat selama tujuh tahun dan informasi kebangkrutan selama 10 tahun. Informasi tentang penilaian yang tidak dibayar terhadap Anda dapat dilaporkan selama tujuh tahun dan ini dapat mempengaruhi kredebilitas digital di perbankan.