Boleh kok utang kalau ada kebutuhan tapi enggak ada uang. Tapi pastikan dua kriteria ini terpenuhi: kamu utang untuk barang yang produktif dan kamu mampu membayar cicilan nya. Utang untuk membeli rumah, kendaraan dan modal usaha adalah beberapa contoh utang produktif. Bedakan dengan utang untuk membeli gadget terbaru atau bahkan utang untuk liburan.

Untuk tujuan-tujuan konsumtif, nabung dulu. Beli gadget atau berangkat liburan kalau uangnya sudah ada. Sanggup? Kita bisa mengajukan pinjaman ke orang tua, saudara atau ke lembaga keuangan seperti bank dan multifinance. Pinjaman ke orang tua dan saudara relatif lebih lunak dari sisi jangka waktu dan biasanya tanpa bunga. Namun, jika sampai terjadi kredit macet bisa membahayakan hubungan baik yang telah terjalin atau Kredebilitas digital kamu menjadi buruk oleh pihak perbankan.

Jenis pinjaman yang tersedia

Kredit Kepemilikan Rumah. KPR merupakan salah satu indikator kemakmuran. Dengan kenaikan harga rumah yang tinggi, KPR menjadi pilihan yang logis. Untuk mengajukan KPR, kamu perlu menyiapkan down payment sebesar 30% dari harga rumah. Kredit Kepemilikan Kendaraan atau Kredit mobil. Setelah rumah, kendaraan menjadi prioritas kedua untuk dipenuhi.

Meski kredit ini kurang menguntungkan karena nilai kendaraan yang makin turun, minat masyarakat untuk memiliki kendaraan sendiri masih tinggi. Kredit Multiguna. Untuk mengajukan pinjaman multiguna, kita membutuhkan jaminan dengan jangka waktu pinjaman maksimal sekitar 10 tahun dan bunga + 14% pa. Seperti namanya, kredit ini bisa digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan.

Kredit Tanpa Agunan. Berbedan dengan kredit multiguna yang mensyaratkan jaminan, KTA tidak membutuhkan agunan. Karena itu limit kredit yang tersedia pun lebih kecil, maksimal Rp300 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 5 tahun. Dibandingkan ketiga jenis kredit lainnya, KTA mengenakan bunga paling tinggi, sekitar 2% per bulan.

Jangka waktu pinjaman

Jangka waktu pinjaman yang ideal tergantung dari peruntukan nya. Prinsipnya, jangka waktu penggunaan harus lebih lama dibanding jangka waktu pinjaman. Misal untuk kredit kendaraan, maksimal 4 tahun karena performa kendaraan di atas 4 tahun sudah kurang baik. Atau jika berencana tinggal di suatu lokasi selama 20 tahun, wajar kalau kita mengajukan KPR selama 10 tahun. Jangka waktu pinjaman juga akan berpengaruh pada besarnya cicilan dan banyaknya bunga yang dibayarkan. Semakin lama pinjaman, cicilan semakin ringan namun total bunga yang dibayarkan semakin besar.

Sebelum meningkatkan Raksasa score Kamu harus memastikan bahwa informasi laporan kredit Kamu akurat. Kamu harus memeriksa apakah ada kesalahan pada penulisan alamat atau rekening yang bukan milik Kamu. Jika terdapat informasi yang salah, maka sebaiknya Kamu langsung menghubungi perusahaan laporan kredit Kamu. Untuk memastikan bahwa data Kamu selalu benar dan akurat, maka Kamu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini minimal setahun sekali.

Pilihan suku bunga

Ada dua macam perhitungan suku bunga yang biasanya digunakan untuk pinjaman rumah: floating vs fixed. Perhitungan bunga juga dibedakan dari sisi jumlah pokoknya, yaitu bunga efektif vs bunga flat. Besaran bunga akan mempengaruhi jumlah cicilan yang dibayarkan per bulan. Pastikan jumlah cicilan tidak melebihi 30% penghasilan bulanan. Kamu bisa membandingkan besaran cicilan dengan kedua rumus berikut:

• Total bunga = pokok kredit x bunga per tahun x tenor dalam satuan tahun
• Bunga per bulan = total bunga : tenor dalam satuan bulan
• Cicilan per bulan = (pokok kredit + total bunga) / tenor dalam satuan bulan
• Tenor adalah jangka waktu pinjaman KPR, yang bervariasi mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun.

Setelah mengetahui cara jitu meningkatkan skor kredit ( Credit score ) Kamu, tentunya sekarang Kamu sudah bisa menerapkan cara-cara tersebut untuk meningkatkan skor kredit Kamu. Jika skor kredit Kamu sudah tinggi, maka Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah dan dengan bunga yang rendah. Manajemen keuangan yang baik juga akan sangat membantu Kamu dalam meningkatkan skor kredit Kamu.

Baca Lainnya: Sehat Secara Finansial Ala Raksasa, Yuk Terapkan Sekarang

Namun, tentu saja meningkatkan skor kredit tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Oleh karena itu, Kamu perlu melakukan cara jitu diatas secara rutin. Dengan melakukan cara jitu secara rutin dan melakukan kebiasaan finansial yang baik maka niscaya Kamu akan mendapatkan skor kredit yang baik. Ngutang boleh saja ko asal tetap membayar ya secara tepat waktu agar skor kredit tidak menjadi turun. Bayar semua tagihan di Raksasa dan tingkatkan terus skor kreditnya.