Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK yang mulai beroperasi pada 2 Januari kemarin berjalan dengan lancar di semua kantor OJK di 37 kota. Masyarakat yang sudah mendapatkan informasi keberadaan SLIK OJK mulai memanfaatkan layanan nya melalui telepon call center OJK di 157 (sebelumnya 1500655) atau pun langsung mengunjungi kantor-kantor OJK yang sudah menyiapkan ruangan atau desk khusus untuk melayani permintaan informasi debitur perbankan dan layanan jasa keuangan lainnya.

SLIK merupakan infrastruktur penting di sektor jasa keuangan yang dapat digunakan oleh pelaku industri untuk mitigasi risiko, khususnya risiko kredit sehingga dapat membantu menurunkan tingkat risiko kredit bermasalah. Selain itu, keberadaan SLIK juga mampu mendukung perluasan akses kredit/pembiayaan. Sebelum mengajukan kredit ke bank, calon debitur kerap merasa was-was akan mengalami penolakan karena memiliki riwayat kredit yang buruk.

Bank akan enggan menerima debitur yang memiliki potensi kredit bermasalah di masa mendatang. Slik diharapkan dapat membantu para bank atau jasa keuangan lainnya dalam melihat skor kredit para debitur karena secara tidak langsung skor kredit akan sangat mempengaruhi kredibilitas digital nasabah atau debitur itu sendiri. Riwayat kredit tersebut sebelumnya dapat terlihat pada SID Bank Indonesia. Proses menelusuri sejarah kredit debitur pada SID dikenal dengan istilah BI Checking. Kini, SID diganti dengan sistem lain yang cakupan nya lebih luas, yaitu SLIK.
Manfaat bagi kreditur:

• Membantu dalam mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian kredit.
• Menurunkan risiko kredit bermasalah di kemudian hari.
• Dapat mengurangi atau meminimalkan ketergantungan Pelapor atau pemberi kredit kepada agunan konvensional.
• Pemberi kredit dapat menilai reputasi kredit calon debitur sebagai pengganti / pelengkap agunan.
• Efisiensi biaya operasional.
• Mendorong transparansi pengelolaan kredit.
• Bagi debitur atau masyarakat umum, keberadaan SLIK dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman. SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit.
Manfaat SLIK bagi masyarakat:
• Mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan kredit.
• Bagi nasabah baru, khususnya yang tergolong sebagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), akan mendapat akses yang lebih luas kepada pemberi kredit dengan mengandalkan reputasi keuangannya tanpa harus tergantung pada kemampuan untuk menyediakan agunan.
• Mendorong penerima kredit untuk menjaga reputasi kreditnya.

Secara umum, OJK menjelaskan, bagi debitur atau masyarakat umum, keberadaan SLIK dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan ( kredit mobil ) pembayaran serta denda atau penalti pinjaman. SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit. Slik sangat berpengaruh kepada raport debitur ini terlihat dari jumlah skor kredit ( Credit score ) nasabahnya.

Baca Lainnya: Alasan Pentingnya Disiplin Bayar Cicilan Kredit

Nah, bagaimana menurut Anda? Sistem yang baru ini bakal mempermudah pengajuan kredit Anda bukan? Jika Anda membutuhkan kredit untuk berbagai kebutuhan, silakan ajukan melalui Raksasa. Anda dapat membandingkan berbagai produk kredit dan mengajukannya secara online yang mudah, aman, dan terpercaya. Selain itu setiap pembayaran yang dilakukan di Raksasa secara tidak langsung anda akan mendapatkan Raksasa score yang akan masuk dan terhitung di Slik.