Hari Raya Idul Fitri tidak terasa sudah sebentar lagi. Tradisi mudik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah menjadi hal yang terus terjadi secara turun menurun setiap tahunnya. Tetapi di balik fenomena mudik sendiri adalah besarnya antusias masyarakat membawa kendaraan pribadi untuk mudik, yang membuat masyarakat berbondong – bondong membeli mobil baru baik cash maupun kredit.

Yang menjadi pertanyaan saat ini, apakah masih bisa berburu mobil dan melakukan kredit mobil dengan waktu proses yang bisa dibilang singkat, belum lagi membayar cicilan kredit. Tapi jika membeli mobil baru untuk saat ini, waktunya cukup tidak ya? Sebab seperti diketahui, untuk mengurus kelengkapan dokumen legalitas biasanya memerlukan waktu.

Bagi calon konsumen yang mau membeli mobil untuk kebutuhan lebaran, sebaiknya segera melakukan SPK dan akad jual beli dalam waktu dekat ini.
Lebih lanjut kesiapan dokumen pun menjadi satu hal penting saat mobil baru sampai ke tangan konsumen. Kendati demikian, proses ini berkaitan dengan pihak ketiga. Untuk urusan mobil baru mestinya mereka yang membeli untuk kebutuhan Lebaran, harusnya sih di minggu-minggu ini (awal Mei), supaya mereka bisa mengejar untuk mendapatkan STNK-nya. Selain itu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat mudik dengan kendaraan baru. Beberapa tips untuk membuat perjalanan mudik Anda semakin menyenangkan, yaitu :

• Pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi prima. Untuk itu, sebaiknya periksakan kendaraan Anda terlebih dahulu di bengkel resmi.
• Pastikan kondisi badan Anda dalam kondisi sehat dan fit. Tidak ada salahnya meminum vitamin agar menjadi lebih sehat.
• Jangan lupa membawa surat-surat penting KTP, SIM, STNK, polis asuransi, kartu ATM. Surat-surat tersebut akan sangat berguna saat kondisi darurat.
• Jangan ragu untuk istirahat. Mengemudi dalam kondisi lelah dan mengantuk sangat berbahaya.
• Untuk keselamatan, sebaiknya beristirahat di lokasi yang aman atau kantor kepolisian.
• Untuk mencari lokasi kantor polisi terdekat, kini Anda dapat menemukannya dalam fitur Near Me. Near Me juga dilengkapi dengan lokasi SPBU, rumah sakit, bengkel, supermarket, toko obat, acara-acara otomotif.

Baca Lainnya: Tips Kredit Mobil dengan DP 0%. Yakin Enggak Mau?

Mengendarai kendaraan sendiri untuk mudik memang lebih menyenangkan karena kita tetap dapat menjaga mobilitas. Jangan lupa bayar kredit mobil anda yah, agar anda tidak terkena bunga yang lumayan tinggi jika telat membayar kredit cicilan mobil, hal ini juga akan berpengaruh kepada kredibilitas digital. Jangan lupa bayar kredit mobil via aplikasi Raksasa selain mudah anda juga akan mendapatkan score kredit secara cuma – cuma. Namun, meski menyenangkan, bukan berarti mengendarai mobil untuk mudik dapat dilakukan sembarangan. Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan dan menenangkan.