Ingin memiliki mobil namun dana terbatas? Maka Anda bisa mempertimbangkan membeli mobil bekas. Hal ini karena nilai mobil di tahun-tahun pertama akan menyusut besar. Harga jual kembali tentu menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen mobil bekas. Namun tak banyak yang tahu bahwa ada prosentase turunnya nilai jual mobil bekas dari dari tahun ke tahun. Lalu berapa prosentase penurunan harga jual kembali mobil bekas dari tahun ke tahun? Meski merek dan kondisi mobil akan mempengaruhi harga jual mobil bekas, tapi prosentase penurunan harga ini dapat menjadi patokan.

Untuk tahun pertama penurunan harga jual mobil itu biasanya 10 sampai 15 persen. Untuk tahun kedua itu penurunan sekitar 8 sampai 10 persen, tahun ketiga penurunan sekitar 5 sampai 8 persen. Penurunan terbesar untuk kondisi mobil yang baik itu paling besar 15 persen sedangkan untuk mobil yang banyak diminati itu biasanya turun 10 persen. Setiap perusahaan selalu memiliki asset atau aktiva, baik aktiva tetap maupun aktiva tidak tetap. Setiap asset tetap (fixed asset) memiliki nilai perolehan, dan memiliki masa pakai atau manfaat, misalnya tiga tahun, lima tahun atau mungkin juga ada yang sampai sepuluh tahun atau lebih. Misalnya mesin diperoleh pada harga X dengan masa pakai lima tahun.

Jika melakukan pembayaran kredit mobil melalui leasing dapat mempercepat proses kredit di leasing ini disebabkan oleh adanya staff leasing yang akan membantu Anda dalam keseluruhan prosesnya. Dari menyiapkan kelengkapan dokumen hingga fasilitas jemput bola ke rumah akan Anda dapatkan dari leasing ini. Dari sini kita tak perlu lagi bolak-balik ke dealer untuk mengurus semua persyaratan karena semuanya akan dikerjakan oleh petugas leasing.

Meski semua proses bisa berlangsung sangat cepat dan mudah, namun mengajukan kredit di leasing membuat Anda harus membayar suku bunga yang tinggi daripada bank dan tidak jarang hal ini mempengaruhi pembayaran kredit mobil sendiri dan membuat skor kredit ( credit score ) konsumen menjadi rendah karena telat bayar. Biaya lain yang juga harus Anda tanggung saat pengambilan kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Biaya asuransi ini memang akan bersifat wajib karena pihak leasing berkepentingan dengan mobil yang kita miliki untuk menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan.

Setelah melewati masa pakai maka dengan sendirinya nilai asset tadi berkurang atau menyusut. Nah, nilai pengurangan atau penyusutan dari asset itulah yang disebut dengan istilah depresiasi atau penyusutan. Jika asset hanya mampu berproduksi selama lima tahun maka masa penyusutan asset itu ditetapkan lima tahun. Jika asset ternyata mampu dipakai hingga delapan tahun, maka masa penyusutannya delapan tahun, begitu seterusnya.

Masa penyusutan tergantung masa pakai. Namun, pada umumnya setiap jenis asset sudah ada standar berapa lama masa pakai efektif. Mobil misalnya, pada umumnya memiliki masa penyusutan selama lima tahun. Artinya, secara akuntansi nilai buku dari mobil tadi pada lima tahun mendatang akan menjadi nol, meskipun fisik mobilnya tetap ada.

Lantas, bagaimana cara menghitung depresiasi aktiva tetap? Ada cukup banyak metode untuk menghitung depresiasi asset. Namun, disini kita hanya akan membatasi tiga macam metode yang banyak digunakan untuk menentukan nilai penyusutan. Yang pertama, metode garis lurus (straight line). Metode ini paling sederhana dan paling banyak dipergunakan. Dalam metode ini nilai penyusutan setiap tahunnya jumlahnya tetap. Misal, PT ABCD membeli asset berupa mobil karyawan @ Rp200 juta.

Mobil tadi ditaksir memiliki masa pakai efektif lima tahun sehingga dalam pembukuan juga didepresiasi selama lima tahun. Artinya, setiap tahun mobil tadi nilainya berkurang dengan nilai yang tetap hingga menjadi nol dalam lima tahun. Pada tahun pertama mobil tadi menyusut 20 persen atau Rp40 juta. Tahun kedua juga menyusut 20 persen. Tahun berikutnya juga akan menyusut dengan nilai yang sama sehingga pada tahun ke lima nilai buku dari mobil itu menjadi nol.

Baca Lainnya: 3 Indikator Kredit Bermasalah

Jika selama 5 tahun konsumen membayar kredit mobil dengan tepat waktu maka Kredebilitas digital dari setiap pembayaran cicilan angsuran mobil akan mempengaruhi skor kredit dari nasabah tersebut dan jika melakukan pembayaran kredit mobil menggunakan aplikasi Raksasa konsumen tidak perlu repot lagi mencari tau nilai skor kredit karena hanya di aplikasi Raksasa konsumen dapat mengetahui jumlah Raksasa score secara jelas karena setiap track record pembayaran terekam dengan baik dan kredibilitas digital konsumen dapat terlihat lancar atau tidaknya setiap bulannya