Memasuki bulan suci Ramadhan banyak sekali promo yang di lakukan pihak dealer atau leasing untuk mengejar para customer baru. Hal ini dilakukan karena tradisi pada Hari Raya Idul Fitri masyarakat berbondong – bondong menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi. Khusus untuk mobil, mobil berjenis low Multi Purpose Vehicle (MPV) biasanya paling banyak dicari, tak terkecuali kondisi bekasnya.

Membeli mobil bekas atau baru sama – sama mempunyai keunggulan tersendiri. Membeli Mobil bekas punya keunggulan dari segi harga yang terjangkau. Jika saja pembeli jeli dalam memilih, maka bisa mendapatkan kondisi mobil bekas yang bagus, tahun muda, dengan harga jauh lebih murah dibanding harga baru.

Selain untuk sarana transportasi, ternyata ada motivasi lain dari para konsumen mobil bekas ini. Seperti dijelaskan oleh Presiden Direktur mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, tujuan konsumen membeli mobil bekas bisa jadi karena alasan gengsi. Dengan membeli mobil bekas, konsumen bisa mudah gonta-ganti kendaraan setiap tahun karena depresiasi harga yang kecil.

Pulang ke kampung halaman alias mudik Lebaran jadi fenomena rutin orang Indonesia tiap tahunnya. Dan banyak juga dari mereka yang membeli mobil bekas (mobkas) untuk digunakan saat mudik Lebaran. Perhatikan 5 hal berikut ini, sebelum membeli mobil bekas:

Tempat Pembelian
Cara dan trik pertama untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawaran nya. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas Anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung. Membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, namun Anda harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Eksterior Mobil
Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

Performa Mesin Mobil
Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling dicermati dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. Ada beberapa faktor orang membeli mobil bekas untuk mudik Lebaran. Yang paling banyak adalah faktor gengsi. Kebanyakan dari mereka mau terlihat lebih sukses oleh sanak keluarga di kampung halamannya.Jadi saat fenomena mudik Lebaran, mobil punya fungsi tambahan selain sebagai transportasi, juga sebagai peningkatan status, alias mau terlihat lebih keren dan sukses.

Aksesoris dan Interior
Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, saatnya untuk mengamati bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapis nya. Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

Kelengkapan Surat-surat
Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang juga wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Selain memperhatikan 5 hal tersebut diatas dalam pembelian atau pengajuan kredit mobil perhatikan juga skor kredit anda yah. Memiliki skor kredit yang baik merupakan sebuah hal penting. Sebab, skor kredit seseorang akan dijadikan acuan oleh lembaga pinjaman seperti bank untuk menentukan apakah pengajuan kredit layak disetujui atau ditolak.

Besaran nominal pinjaman, tenor yang didapatkan, dan bunga yang dikenakan juga ditentukan dari skor kredit. Anda bisa membayar semua tagihan kredit dan pinjaman melalui apalikasi Raksasa, serta anda akan mendapatkan Raksasa score yang berguna menjaga kredibilitas digital anda sebagai peminjam kredit.

Baca Lainnya: Ajukan Kredit Mobil di Perbankan Syariah Kini Lebih Mudah


Jika hasil skor kredit baik, maka kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan produk kredit, baik itu kartu kredit, hingga kredit untuk membeli rumah, mobil, membiayai pendidikan, atau kebutuhan penting lainnya di masa depan. Sedangkan jika hasil skor kredit ( Credit score ) buruk, atau bahkan tidak memiliki skor kredit sama sekali karena belum pernah melakukan transaksi kredit, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman.