Semua informasi yang terkait dengan informasi keuangan, berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila mencari tau terkait dengan skor kredit yang dimiliki, maka perlu untuk mendatangi kantor OJK yang terdapat informasi terkait. Perlu diketahui bahwa BI tidak mengeluarkan lagi informasi terkait dengan debitur individual yang dikenal dengan sebutan BI Checking tersebut.

Pertumbuhan ekonomi dan bisnis akan meningkatkan kebutuhan pendanaan yang dengan sendirinya membutuhkannya sebagai salah satu alat dalam melakukan analisa kredit. BI Checking atau yang saat ini menggunakan istilah Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) hanya menyediakan informasi perkreditan standar tanpa skor kredit. Umumnya disediakan oleh Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau biro kredit swasta.

Maksudnya bagaimana?

SLIK menyediakan informasi perkreditan yang bersumber hanya dari pelapor atau anggota saja. Sementara biro kredit mencakup SLIK dan lembaga keuangan non pelapor SLIK serta lembaga lainnya.

Apa manfaat skor kredit bagi bank dan bagi nasabah?

Skor kredit merupakan salah satu faktor yang digunakan dalam pengambilan keputusan kredit guna meminimalkan risiko gagal bayar serta memastikan bahwa keputusan kredit diambil secara obyektif. Bagi debitur, makin tinggi skor seseorang, makin rendah risiko kredit nya. Dengan skor kredit yang tinggi dan bagus, nasabah bisa memperoleh bunga lebih rendah dan plafon pinjaman lebih tinggi.

Demikian juga sebaliknya, dengan menggunakan aplikasi raksasa debitur bisa langsung mengetahui jumlah kredit score setiap transaksi pembayaran di Raksasa selain mengetahui skor kredit tanpa perlu ribet akan tetapi raksasa skor menjadi salah satu pertimbangan pihak perbankan memberikan kredit pada nasabah nya.

Perlu diketahui bahwa fungsi skor kredit ini sangatlah besar bagi para nasabah yang ingin melakukan pinjaman atau kredit kendaraan bermotor seperti kredit mobil, skor kredit ini adalah salah satu faktor yang sangat menentukan karena digunakan untuk mengambil keputusan kredit dalam hal meminimalkan risiko kegagalan pembayaran dan memastikan bahwa keputusan terkait kredit yang diambil secara objektif.

Bagi pengajuan aplikasi kredit, credit scores digunakan untuk menyetujui atau menolak nasabah berdasarkan pengukuran yang di kembang secara empiris. Keseluruhannya tersebut juga digunakan untuk menentukan batas kredit optimal, pembayaran awal dan penentuan cicilan.

Baca Lainnya: Boleh Ngutang Nggak Sih? Boleh Banget..! Ini Dia Tipsnya

Akan sangat penting bagi nasabah untuk menjalankan berbagai usaha supaya skor kredit itu bisa terus-menerus meningkat atau stabil di zona yang aman. Zona yang aman yang stabil yakni pada level kolektibilitas 1 di mana merupakan kredit lancar yang sangat mempengaruhi kredibilitas digital seorang debitur,perlu diketahui bahwa semakin tinggi dari skor kredit maka akan semakin banyak manfaat serta kemudahan yang bisa didapatkan.