Laporan kredit digunakan oleh perusahaan pinjaman untuk membantu menentukan apakah Anda berisiko dan apakah Anda akan membayar kembali pinjaman yang Anda terima. Ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor kredit, namun banyak dari tindakan ini yang tidak seharusnya Anda lakukan.

Walaupun anda punya cicilan kartu kredit, kredit mobil, kredit handphone, kredit kpr tentunya apapun jenis kredit yang anda berjalan saat ini upayakan pembayaran kredit anda tepat waktu setiap bulannya dengan tidak pernah telat bayar, kamu sebagai pengguna akan terhindar denda keterlambatan. Selain diwajibkan membayar denda keterlambatan, ada beberapa alasan penting lainnya mengapa pengguna kredit wajib disiplin membayar cicilan kartu kredit. Berikut, alasan-alasannya:

1.iDeb Slik OJK jadi bagus
Menjaga skor kredit dalam iDEB SLIK OJK tetap bagus sama pentingnya dengan menjaga kredibilitas di mata bank. Seperti yang pernah MoneySmart singgung sebelumnya, pengajuan KTA tergantung pada seberapa baiknya skor kredit si calon debitur. Karena itu, kalau punya rencana mengajukan pinjaman KTA, jaga baik-baik deh skor kredit kamu. Pasalnya, bank lebih percaya pada orang-orang yang punya skor kredit ( Credit score ) yang bagus. Salah satu cara menjaga skor kredit ini adalah, membayar cicilan kartu kredit tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Namun, jangan pernah sekali-sekali berpikir untuk tidak menggunakan kartu kredit ya.

Pasalnya, nanti bisa tidak bagus untuk skor kredit. Perlu anda ketahui, skor kredit itu perlu diperbarui atau di-update. Menggunakan kartu kredit secara rutin setiap bulan adalah cara supaya skor kredit tetap baru. Selain skor kredit yang bagus, bank bakal makin percaya kalau melihat skor kredit yang selalu barU dan kredebilitas digital tetap bagus di perbankan.

2.Limit kartu kredit cepat kembali normal
Karena limit kartu kurang, terpaksa deh menunda pembelian. Padahal, hal ini tidak harus terjadi kalau cicilan kartu kredit dibayar sebelum jatuh tempo. Semakin cepat dibayar, semakin cepat pula kembalinya limit kartu kredit. Apalagi, pembayaran cicilan dilakukan setelah keluarnya billing statement. Itu lebih baik lagi.

Satu hal yang perlu diperhatikan, bukan berarti cepatnya pembayaran dilakukan selamanya baik ya. Misalnya, kamu pengin bayar cicilan sebelum keluarnya billing statement. Sebaiknya, hal tersebut dihindari karena bank bakal memasukkan transaksi tersebut di bulan sebelumnya. Tak menutup kemungkinan hal tersebut bisa menyebabkan over limit.

3.Program cicilan bunga 0 persen tetap terus berjalan
Percuma aja ikut program cicilan bunga 0 persen kalau masih terlambat bayar cicilan kartu kredit. Secara otomatis, cicilan bakal dikenakan bunga begitu si pengguna bayar cicilan lewat jatuh tempo. Sialnya nih, seperti yang disebutkan sebelumnya, bukan cuma bayar bunga, si pengguna juga diharuskan bayar biaya keterlambatan. Jadinya dobel kan biaya yang dibayarkan? Rata-rata orang yang terjerat utang kartu kredit awalnya karena keseringan telat bayar cicilan kartu kredit. Mulai dari keseringan itu, lama-lama perilaku tersebut menjadi kebiasaan. Tentu aja kebiasaan telat bayar itu membawa dampak negatif. Paling fatal kalau sampai dampaknya bikin utang kartu kredit menumpuk.

Baca Lainnya: Cara Memperbaiki Kesalahan Informasi Laporan Kredit

Saat ini banyak pilihan pembayaran kredit Anda loh, Anda dapat melakukan pembayaran kredit mobil dan kartu kredit di aplikasi Raksasa, karena hanya di Raksasa skor kredit anda bisa diketahui setiap anda melakukan pembayaran setiap bulannya dan semakin banyak anda bertransaksi di Raksasa, nilai Raksasa score anda juga akan semakin meningkat berikut itu adalah salah satu keuntungan jika anda melakukan pembayaran kredit di Raksasa. Jadi tidak usah tunggu lama lagi, mau tau informasi tentang Raksasa ? Segera download aplikasi Raksasa di aplikasi mobile anda Gratis.