Agar tetap bertahan di tengah persaingan pasar yang semakin sengit. Saking banyaknya, tidak sedikit fitur tersebut lebih sering menganggur bahkan beberapa diantaranya tidak dikenali oleh sang pemilik mobil. Jika sobat adalah pengguna mobil, coba diingat-ingat fitur apa saja yang ada pada mobilnya.

Lalu sobat bisa tahu seberapa sering fitur tersebut digunakan. Hayo ngaku sajalah.. ada banyak fitur yang ternyata jarang atau malah belum pernah sobat gunakan. Belakangan diberitakan bahwa lembaga J.D. Power melakukan penelitian, fitur apa saja yang ternyata jarang digunakan pemilik mobil.

Beberapa data hasil penelitian dikemukakan dan memang benar fitur-fitur tersebut jarang digunakan. Tapi menurut kami, dalam konteks pengguna mobil di Indonesia, masih banyak fitur yang menganggur. Berikut daftar fitur mobil yang jarang digunakan:

1.Sun-Roof
Sunroof adalah jendela kaca di bagian atap mobil, biasanya bisa dibuka secara elektronik. Fitur ini biasanya ada pada mobil mewah, jadi lebih kepada styling dari pada fungsionalitasnya. Padahal peningkatan harga mobil karena keberadaan sunroof tidaklah sedikit.

2.Seat Belt Kursi Belakang
Sabuk pengaman di kursi baris kedua dan belakang kebanyakan tidak digunakan. Namun bukan karena fitur tersebut tidak penting, tapi lebih karena kebanyakan orang tidak memahami urgensi seat-belt di kursi belakang.

3.Posisi Dongkrak
Jika pada mobil umumnya dongkrak diletakkan di bagian belakang mobil, bagasi atau ban serep. Maka pada Toyota Calya, posisi dongkrak diletakkan di bawah jok penumpang yang berada di bagian depan secara tersembunyi. Untuk mengambilnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memajukan jok penumpang depan sampai mentok, lalu tarik bagian samping dongkrak. Setelah terlepas, keluarkan dongkrak dari dudukannya tersebut.

4.Day and Night View Mirror (Anti Silau)
Ini adalah fitur pada kaca spion di dalam kabin depan, yang berguna untuk melihat view belakang mobil oleh pengemudi. Fungsinya adalah pada saat siang, view ke belakang sesuai kondisi sebenarnya, sedangkan saat digunakan di malam hari, night view mirror membuat cahaya dari lampu kendaraan lain yang ada di belakang jadi lebih redup, sehingga tidak membuat pengemudi silau. Namun pada kenyataannya fitur ini jarang atau bahkan tidak digunakan oleh pemilik mobil. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mobilnya punya fitur semenarik itu. Mungkin ini terjadi pada mereka yang kurang mau membaca buku manual mobilnya atau kurang melek informasi otomotif.

5.Kunci Pengaman Anak (Child-Lock)
Hampir semua mobil terkini punya tombol kunci tambahan untuk pengaman anak-anak, yang letak tombolnya pada pilar-B dibalik pintu baris kedua. Jika fitur ini diaktifkan, pintu tidak bisa dibuka dari dalam walau tuas kunci yang dekat handle pintu sudah dibuka. Sehingga lebih aman bagi anak-anak yang sudah mengerti cara membuka pintu saat dalam perjalanan.Namun kebanyakan pengguna mobil tidak menggunakan fitur ini karena dinilai membuat ribet, atau bahkan cukup banyak orang yang tidak tahu bahwa fitur ini ada. karena letak tombolnya yang tersembunyi.

Selain tips diatas anda jangan sampai lupa yah, membayar kredit mobil agar skor kredit mobil anda tetap terjaga nilai kredibiltas digitalnya. Sekarang anda tidak perlu khwatir lagi anda bisa menggunakanan aplikasi Rakasasa. Raksasa juga dikenal sebagai pemberi skor kredit. Apa itu skor kredit? Skor kredit adalah angka yang mencerminkan kemungkinan Anda membayar kembali kredit.

Pemberi pinjaman seperti bank dan perusahaan kartu kredit akan melihat file kredit Anda ketika mereka menghitung kredit Anda, yang akan menunjukkan kepada mereka tingkat risiko dalam meminjamkan kepada Anda. Semakin tinggi skor di Raksasa kredit Anda, semakin baik peluang Anda diterima untuk kredit, dengan harga terbaik. Raksasa kredit Anda memengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan:

• Kartu kredit,
• Pembiayaan mobil
• Pembayaran bulanan gas & listrik
• Pembiayaan kpr
• Pembayaran bulanan asuransi
• Pinjaman Dana
• Persewaan properti

Raksasa akan memberikan skor kredit gratis pada pembayaran pertama melalui aplikasi Raksasa. Sehingga Anda dapat memiliki panduan yang berguna dan memberi Anda gambaran tentang bagaimana perusahaan dapat melihat Anda, sehingga Anda dapat membuat lebih banyak pilihan berdasarkan informasi ketika melakukan pengajuan kredit.

Baca Lainnya: Penting! Cek Kendaraan Sebelum Mudik, Ini Bagian Yang Harus Diperhatikan

Walaupun saat ini banyak orang lebih suka bertanya langsung pada orang yang dianggap ahli, atau mencari informasi di internet mengenai masalah-masalah mobilnya. Mungkin karena karakter orang Indonesia yang kebanyakan malas membaca buku, apalagi penampakan manual book sangat tidak menarik dan menakutkan bagi orang yang langsung mengantuk ketika melihat buku tebal.Itulah daftar fitur atau kelengkapan mobil yang jarang atau tidak pernah digunakan atau bahkan tidak diketahui keberadaannya oleh pemilik mobil.