Pada umumnya setiap orang berfikir bahwa mereka tidak sadar telah memiliki skor kredit, namun kenyataannya jika Anda mempunyai rekening pribadi di salah satu bank atas nama Anda, atau pernah mengajukan aplikasi jenis apapun. Jadi dengan demikian, skor kredit telah Anda miliki dan sedang berjalan. Definisi skor kredit itu sendiri adalah nilai yang diberikan kepada setiap debitur atau individu, dengan tujuan agar digunakan oleh pihak kreditur dalam menentukan kemampuan para debiturnya atau calon debitur guna melaksanakan tanggung jawab serta menentukan kredit yang mereka ajukan.

Bicara tentang kemampuan financial yang terbatas, maka saat ini banyak sekali solusi keuangan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga lain. Bantuan keuangan dari pemerintah hadir melalui jalur perbankan sedangkan beberapa lembaga lain hadir dalam bentuk koperasi. Semua lembaga tersebut pada dasarnya memberikan solusi yang sama yaitu solusi berupa kredit, kredit merupakan solusi keuangan untuk menjembatani antara kemampuan keuangan seseorang yang terbatas dengan pemenuhan keinginan tertentu terhadap barang maupun jasa. Jenis kredit pun juga beragam dan hal tersebut merupakan dampak dan jawaban akan beragam nya kebutuhan manusia juga.

Mengenal Berbagai Jenis Kredit

Kartu Kredit (Credit card)
Kartu kredit ini banyak jadi primadona masyarakat karena pengajuannya paling mudah. Tidak diperlukan jaminan apapun saat mengajukan kartu kredit. Dan plafon pinjaman yang disediakan juga beragam. Kartu kredit surveinya juga mudah, hanya melalui telepon nasabah sudah bisa mendapatkan kartu kredit yang siap digunakan. Kartu kredit adalah kartu hutang. Jika kartu ini digunakan untuk melakukan pembayaran/pembelanjaan, barulah kita akan dibebani hutang dan tagihan sesuai nominal uang yang kita pakai. Hutang kita bisa dibayar setelah tagihan kartu kredit terbit. Dan enaknya, hutang dari kartu kredit bisa di cicil pelunasannya jika kita tidak mampu membayar penuh. Tapi harus hati-hati, sisa tagihan yang belum terbayar akan dikenakan denda alias bunga akumulatif.

Kredit Tanpa Agunan
Hampir sama seperti kartu kredit. Bedanya kartu kredit memberikan kita pinjaman atas survey dan pertimbangan profesi kita, maka Kredit Tanpa Agunan (KTA) biasanya surveinya tidak mendetail seperti kartu kredit. KTA memiliki bunga lebih tinggi daripada kartu kredit. Tapi KTA ini plafonnya bisa lebih tinggi daripada kartu kredit.

Kredit Mobil
Kredit mobil adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan kepada para nasabahnya yang ingin membeli mobil dengan cara yang cepat dan mudah. Mengingat di masa sekarang ini kebutuhan masyarakat akan kepemilikan mobil pribadi kian meningkat, kredit mobil memberikan Anda kesempatan untuk bisa membawa pulang mobil impian tanpa harus memiliki dana yang utuh untuk membelinya. Pembayaran mobil tersebut nantinya akan dilakukan dengan sistem angsuran/cicilan per bulan seperti cicilan kredit motor, KTA, KMG, atau KPR, dan berbagai produk pinjaman lainnya.

Baca Lainnya: Apa Fungsi Credit Score dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Ketiga jenis kredit tersebut adalah jenis kredit yang dapat dengan cepat menaikan nilai skor kredit ( Credit score ) anda sebagai nasabah dan kredibitlitas digital anda telah terekam saat anda melakukan pembayaran kredit anda yang tercatat. Anda dapat melakukan pembayaran kredit mobil dan kartu kredit di aplikasi Raksasa, karena hanya di Raksasa skor kredit anda bisa diketahui setiap anda melakukan pembayaran setiap bulannya dan semakin banyak anda bertransaksi di Raksasa, nilai Raksasa score anda juga akan semakin meningkat berikut itu adalah salah satu keuntungan jika anda melakukan pembayaran kredit di Raksasa. Dengan melakukan pembayaran kredit tepat waktu, disertai pemeriksaan rutin laporan keuangan Anda, agar mempertahankan skor kredit Anda agar tetap tinggi. Semua ini bertujuan untuk memudahkan Anda, jika di kemudian hari ingin mendapatkan kredit.