Limit kredit awal Anda dihitung dari kelayakan kredit Anda berdasarkan dari informasi yang Anda berikan ke kami. Pada dasarnya, semakin tinggi skor kredit Anda, semakin baik pula kelayakan kredit Anda. Skor kredit Anda mempengaruhi nilai pinjaman maksimum yang Anda bisa ajukan.

Nilai pinjaman maksimum bervariasi dari produk pinjaman yang satu ke yang lainnya. Setelah pengajuan pinjaman, “lending robot” kami akan memproses permintaan Anda dan menganalisis profil pinjaman Anda untuk mengambil keputusan pinjaman. Pemberian kredit maksudnya adalah tahap-tahap yang harus dilalui sebelum suatu kredit, diputuskan untuk di kucurkan.
Tujuannya adalah untuk mempermudah bank dalam menilai kelayakan suatu permohonan kredit. Prosedur pemberian dan penilaian kredit oleh dunia perbankan secara umum antar bank yang satu dengan bank yang lain tidak jauh berbeda. Yang menjadi perbedaan mungkin hanya terletak dari bagaimana cara-cara bank tersebut menilai serta persyaratan yang ditetapkannya dengan pertimbangan masing-masing bank.

Raksasa sendiri yang bergerak dibidang fintech yang menyediakan platform yang menghubungkan para calon kreditur yang tidak memiliki skor kredit dengan para pemberi kredit seperti bank sebagai penyedia kartu kredit dan leasing yang memberikan kredit untuk para konsumen yang akan mengajukan kredit kendaraan seperti kredit mobil dan motor. Disini Raksasa berusaha memberikan skor kredit kepada para konsumen yang telah melakukan pembayaran melalui aplikasi Raksasa dan rekam jejak pembayaran akan mempengaruhi Raksasa Score serta credit score yang didapatkan konsumen saat melakukan pembayaran tepat waktu.

Kredit skor Anda dapat berubah sesuai dengan kualitas data yang di analisis oleh “lending robot” kami. Kredit skor berbagai jenis kredit ditawarkan oleh pihak kepada para nasabah. Beberapa diantaranya adalah kredit konsumtif dan kredit produktif. Kredit konsumtif adalah kredit yang digunakan untuk kebutuhan pribadi nasabah, sedangkan kredit produktif yaitu kredit yang digunakan dalam pengembangan usaha debitur. Untuk menentukan berkualitas tidaknya suatu kredit perlu diberikan ukuran tertentu. Bank Indonesia menggolongkan kualitas kredit yaitu Lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet. Kualitas kredit tersebut dikelompokkan ke dalam dua jenis yaitu kredit tidak bermasalah dan kredit bermasalah. Ini juga dapat bertambah atau berkurang tergantung kepada riwayat pembayaran untuk pinjaman yang sudah diterima.

Pada umumnya pembayaran lebih awal atau tepat waktu akan menambah skor kredit Anda, disisi lain telat atau mengabaikan akan mengurangi skor kredit Anda.Strategi pemberian kredit merupakan salah satu fungsi strategis yang dimiliki bank dan fungsi ini pula yang seringkali menjadi penyebab menurunnya pendapatan suatu bank.
Indikator Kredit Bermasalah :

a. Kurang Lancar (KL)
Kredit yang terdapat tunggakan pembayaran pokok dan atau bunga yang telah melampaui 91 hari s/d 180 hari.
b. Diragukan (D)
Kredit yang terdapat tunggakan angsuran pokok dan atau bunga yang telah melampaui 181 hari s/d 270 hari.
c. Macet (M)
Kredit yang terdapat tunggakan angsuran pokok dan atau bunga yang telah melampaui 271 hari s/d 360 hari.

Skor kredit juga berpengaruh dari faktor eksternal, karakter debitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit yang bermasalah artinya apabila karakter debitur kurang baik, maka kredit bermasalah akan meningkat, begitu juga sebaliknya apabila karakter debitur baik, maka akan mengurangi kredit bermasalah.

Baca Lainnya: Ajukan Kredit Mobil Saat Pameran, Pasti Untung

Kemampuan manejerial pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap skor kredit bermasalah artinya apabila debitur tidak profesional dalam mengelola pembayaran kredit, maka kredit bermasalah akan meningkat, begitu juga sebaliknya, apabila debitur mampu mengelola pembayaran dengan baik, maka akan mengurangi tingkat resiko kredit bermasalah dan kredibilitas digital debitur akan meningkat.